Selasa, 16 Juli 2013

Fasilitas pada Sekolah Bebas Korupsi

Dalam sekolah yang bebas korupsi, tersedia fasilitas-fasilitas yang banyak mengandung muatan anti korupsi, seperti adanya warung/kantin/koperasi kejujuran dan tempat peletakkan barang temuan/hilang. 
image

1. Warung kejujuran 
Sebuah warung kejujuran dapat digambarkan sebagai tempat jual beli makanan atau minuman. Yang membedakan dengan warung yang lain adalah tidak adanya penjual yang melayani pembeli. Di situ pembeli bebas mengambil makanan dan minuman sendiri dan membayar pada tempat yang telah disediakan (bisa dalam bentuk kotak). Mereka juga yang menghitung jumlah pembayarannya, termasuk dalam mengambil pengembalian. Dalam warung seperti ini, tentunya daftar harga sudah diketahui (ditempelkan).
Dengan warung kejujuran ini diharapkan dapat melatih kejujuran dan memupuk sikap anti korupsi. Meskipun kesempatan terbuka untuk melakukan berbagai kecurangan (misalnya kurang / tidak membayar maupun mengambil uang di kotak), tetapi tidak mau melakukan hal tersebut.

2. Posko barang temuan/hilang
Posko barang temuan/hilang merupakan tempat untuk mengambil atau meletakkan barang yang hilang di sekolah. Posko ini dimaksudkan untuk melatih kejujuran siswa sekaligus menanamkan nilai anti korupsi untuk tidak mengambil yang bukan haknya.

Referensi :

0 komentar:

Posting Komentar