Rabu, 17 Juli 2013

Modul Antikorupsi untuk Pelajar


Ketika itu, di Ruang Auditorium KPK.
Puluhan anak-anak TK mewakili sekolah masing-masing, berkumpul di sana. Meski tidak berasal dari satu sekolah, toh suasana tetap riuh dan gembira. Ada apa gerangan? Tentu saja mereka tidak hendak berunjuk rasa. Bocah-bocah lugu tersebut, memang sengaja diundang KPK dalam rangka memperkenalkan dan menanamkan budaya antikorupsi melalui sebuah modul dongeng antikorupsi.

Berbagai aktivitas pun dilakukan. Mulai dari mendengarkan dongeng tentang kejujuran hingga melukis tokoh antikorupsi di kaos. Sesekali mereka menimpali dongeng itu dengan celetukan khas anak-anak. Sesekali pula, terdengar tawa di antara mereka.

Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat (Dikyanmas) KPK, Dedie A. Rachim menyatakan, kegiatan ini merupakan investasi masa depan untuk menciptakan generasi muda antikorupsi di Indonesia. Kegiatan ini, katanya, dilakukan dalam rangka pemenuhan tugas pencegahan KPK, seperti yang tercantum dalam UU No. 30 tahun 2002, yaitu menyelenggarakan program pendidikan antikorupsi pada setiap jenjang pendidikan.

Melihat pentingnya pembentukan karakter antikorupsi untuk generasi anak-anak, KPK lantas menerbitkan modul antikorupsi dalam bentuk buku dongeng. Metodologi penanaman nilai melalui dongeng ini, tak lepas dari karakter anak-anak yang suka bermain dan menyukai dunia dongeng. Dengan demikian, meski kelihatannya dilakukan sembari bermain, namun imbas positif yang menyertainya tetaplah besar.

Modul Antikorupsi untuk Semua Jenjang Pendidikan

KPK menerbitkan modul antikorupsi untuk siswa tingkat TK, SD, SMP, dan SMU. Pelajaran antikorupsi ini tidak diberikan melalui suatu mata pelajaran tersendiri melainkan dengan cara menyisipkannya melalui beberapa mata pelajaran.

Inti dari materi pendidikan antikorupsi ini adalah penanaman nilai-nilai luhur yang terdiri dari 9 (sembilan) nilai yang disebut dengan 9 Nilai Antikorupsi. Sembilan nilai tersebut  terdiri dari : tanggung jawab, disiplin, jujur, sederhana, mandiri, kerja keras, adil, berani, dan peduli.
 


Download modul pendidikan antikorupsi untuk semua jenjang pendidikan:

TKDongeng Peternakan Kakek Tulus
SD / MIKelas 1Kelas 2Kelas 3Kelas 4Kelas 5Kelas 6
SMP / SLTP / MTsKelas 1Kelas 2Kelas 3
SMA / SLTA / MAKelas 1Kelas 2Kelas 3

0 komentar:

Posting Komentar